Tips Persiapan Menyambut Bulan Ramadhan_0000_Layer 12

Tips Persiapan Menyambut Bulan Ramadhan

Sahabat, kita sudah sangat dekat dengan bulan suci Ramadhan yang di tunggu-tunggu. Apa saja yang sudah atau akan kita persiapkan untuk menyambutnya?

Sebagai umat muslim , kita tentunya ingin bulan Ramadhan berjalan dengan baik dan penuh berkah. Alangkah baiknya kita mempersiapkan segala kebutuhan ramadhan dari jauh jauh hari. Mulai dari menyiapkan pakaian, alat-alat ibadah, menyiapkan rumah, makanan dan lain sebagainya. Untuk itu Bursa Sajadah memberikan beberapa tips agar bulan Ramadhan Anda berjalan dengan baik dan penuh berkah.

 

  • Persiapan fisik

Bulan Ramadhan dapat di ibaratkan sebagai tamu yang sangat istimewa, setiap sudut rumah harus dalam keadaan yang istimewa juga. Pastikan seluruh keluarga untuk memperhatikan kesehatan dengan lebih banyak mengkomsumsi makanan sehat dan bergizi serta berolahraga yang cukup agar tetap bugar.

Untuk anak-anak, mulailah melatih anak berpuasa dengan berpuasa sunnah. Perbanyak jadwal tadarrus  dan biasakan anak untuk bangun lebih pagi (sejam atau setengah jam sebelum shubuh) dengan mengajaknya sholat lail bersama. Agar semua persiapan  berjalan optimal, mintalah seluruh keluarga agar memperhatikan persiapan fisik ini dengan baik.

 

  •  Persiapkan kondisi rumah dengan baik, perabotan, dan lainnya

Biasanya, menjelang idul fitri, orang-orang sibuk mempersiapkan kondisi rumahnya seperti bersih-bersih, mengecat rumah, renovasi dll, akibatnya sepuluh malam terahir jumlah jamaah tarawih di masjid jadi berkurang. Maka, mulailah kebiasaan lama itu mulai dari sekarang. Jika ada rencana merubah cat diniding rumah, mengganti tirai, mengganti perabotan dan sebagainya, lakukan dari sekarang agar saat Ramadhan nanti tak ada halangan Anda untuk fokus beribadah dan melakukan kegiatan berkah di bulan suci.

 

  • Persiapan Menu untuk di sajikan sepanjang Ramadhan

Mulailah menyusun jadwal menu untuk disajikan sepanjang bulan Ramadhan. Bahan-bahan yang tahan lama bolehlah disiapkan dari sekarang, seperti makanan-makanan khas Ramadhan yaitu kurmakacang arab, dsb. Jika ada rencana mau membuat kue-kue lebaran sendiri, buat schedule bagaimana cara mengatur waktu untuk membuat kue nya sehingga tidak menyita waktu ibadah kita.

 

  • Persiapan Ramadhan ceria untuk anak

Untuk menumbuhkan semangat dan cinta anak terhadap bulan ramadhan kita bisa mengajaknya melakuan persiapan. Anak tentu senang jika kita ajak menyiapkan pernak-pernik untuk menyambut Ramadhan. Misalnya dengan membuat kerajinan ramadhan. Banyak ide-ide kreatif di internet jika kita ingin membuat mereka berkreasi. Misalnya, memberi suasana baru dengan merubah suasana kamar anak dengan hiasan warna-warni khas ramadhan, tentu akan menambah semangat mereka menyambut bulan suci ramadhan.

 

  • Perbanyak taubat dan membaca doa sebelum Ramadhan

Perbanyak bertaubat dengan membaca istigfar dan memperbanyak perbuatan baik. Selain itu ada doa yang baik untuk di ucapkan sebelum menyambut bulan suci datang.

اَللَّهُمَّ سَلِّمْنـِي إِلَى رَمَضَانَ وَسَلِّمْ لِـي رَمَضَانَ وَتَسَلَّمْهُ مِنِي مُتَقَبَّلاً

“Ya Allah, antarkanlah aku hingga sampai Ramadhan, dan antarkanlah Ramadhan kepadaku, dan terimalah amal-amalku di bulan Ramadhan.” (Lathaif Al-Ma’arif, hlm. 264).

Sekian beberapa tips yang sudah penulis berikan bisa membantu Anda dalam mempersiapkan segala keperluan di bulan suci ramadhan. Semoga Ramadhan Anda menjadi Ramadhan yang penuh berkah dan selalu membawa kebaikan untuk Anda semua. Amin YRA.

 

Leave a Comment