Persiapan-&-Perlengkapan-Haji-dan-Umroh

Ringkasan Persiapan & Perlengkapan Haji dan Umroh

Pergi ke tanah suci, melaksanakan ibadah haji dan umroh, adalah salah satu impian terbesar bagi setiap mukmin. Dua ibadah yang dapat kita lakukan dalam satu kali safar (perjalanan) ini hukumnya wajib bagi kita yang sanggup melaksanakannya. Melaksanakan ibadah haji dan umroh membutuhkan berbagai persiapan, antara lain:

1. Persiapan Spiritual / Mental

Pertama, ikhlas dan luruskan niat. Hindari penyakit-penyakit hati yang merusak keiklhasan seperti riya’ (ingin dilihat & dipuji), sombong, takabur, iri, dan dengki karena dapat mengikis bahkan menghapus amal / pahala. Kedua adalah sabar, yaitu bersiap diri untuk menerima keadaan yang tidak sesuai harapan. Ketiga, selesaikan urusan kerja terlebih dahulu agar tidak mengganggu pikiran sehingga bisa lebih fokus dalam beribadah.

2. Persiapan Kondisi Fisik

Sebaiknya melakukan general check-up untuk mengidentifikasi penyakit yang mungkin ada beserta cara penanggulangannya. Bagi yang menderita asma, penyakit jantung, atau penyakit lain beresiko tinggi, disarankan untuk meminta perhatian khusus. Kemudian, berolahraga lah secara teratur seperti melakukan senam aerobik & berjalan kaki agar Anda terbiasa berjalan jauh di bawah terik matahari. Selain itu, setiap jamaah yang akan menunaikan ibadah haji diwajibkan untuk melakukan vaksin meningitis. Meningitis adalah penyakit infeksi yang menyerang selaput otak dengan gejala suhu tubuh tinggi dan kejang yang dapat mengakibatkan kematian dalam tiga hari. Bukti berupa kartu keterangan telah melakukan vaksin nantinya akan diperiksa di border Qatar – Saudi Arabia.

3. Pemahaman / Ilmu

Tingkatkan ilmu, amalan, & pemahaman ibadah sehari-hari secara keseluruhan sebelum berangkat ibadah haji serta pelajari juga cara-cara melaksanakan ibadah haji dan umroh yang sesuai dengan tuntunan Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam secara mendalam. Pelajari juga do’a-do’a para nabi dan siapkan do’a-do’a baik yang sesuai kehendak kita dan amalkan dengan khusu’. Kemudian, pelajari sejarah Islam agar kita lebih menghayati saat berhadapan dengan situs-situs sejarah di tanah suci. Terakhir dan tidak kalah penting, sebaiknya pelajari tata cara shalat jenazah beserta do’anya karena shalat jenazah dilakukan hampir setiap shalat fardu’.

4. Bersihkan dan Sucikan Diri

Bertaubat dan memohon ampun kepada Allah dan meminta maaf kepada orang-orang di sekitar kita seperti orang tua, kakak/adik, anak, sepupu, teman, dan lainnya. Jangan lupa tingkatkan kualitas shalat.

5. Persiapan Material

Sebelum melaksanakan haji dan umroh, selesaikan hutang piutang, siapkan ongkos naik haji, bekal untuk keluarga yang ditinggalkan, bekal setelah pulang nanti, dan bekal di perjalanan.

Selain yang telah disebutkan di atas, agar persiapan lebih matang, sebelum keberangkatan hendaknya kita menyiapkan perlengkapan haji dan umroh, terutama yang dapat mendukung ibadah dan bermanfaat seperti:

– Al-Qur’an & Terjemahannya

Tujuan melaksanakan perjalanan haji dan umroh bukanlah untuk rekreasi, melainkan untuk beribadah sebanyak mungkin. Oleh karena itu, isilah waktu senggang Anda dengan hal-hal bermanfaat seperti membaca Al-Qur’an. Jangan sia-siakan waktu Anda terhadap hal yang kurang atau tidak penting. Bagi Anda yang belum bisa berbahasa Arab, bawa & baca lah Al-Qur’an terjemahan untuk memperdalam pemahaman Anda.

– Sabuk Ihram

Salah satu perlengkapan haji dan umroh pria ini merupakan sabuk yang berfungsi untuk mengencangkan kain ihram agar tetap rapi dan terjaga.

– Tikar Wukuf

Tikar wukuf biasanya berupa tikar lipat yang mudah dibawa. Tikar ini Anda perlukan ketika melaksanakan wukuf di Arofah sebagai alas shalat, membaca Al-Qur’an, berdzikir, dan keperluan lainnya.

– Kantong Urin / Urine Bag

Kantong urin bermanfaat & memudahkan Anda pada saat–saat tertentu yang tidak memungkinkan Anda untuk mendapatkan toilet. Kantong urin / urine bag dapat mengubah bentuk urin menjadi sejenis gel yang tidak berbau dan umumnya dapat dipakai 2-3 kali per kantong.

– Celana Dalam Ihram

Celana dalam tanpa jahitan yang diperkenankan untuk dipakai saat melaksanakan haji dan umroh. Celana dalam ini biasanya terbuat dari bahan kertas atau kain yang memiliki perekat.

– Tas Ihram

Tas ihram yang diisi dengan perlengkapan haji dan umroh. Biasanya terbuat dari bahan yang transparan agar barang yang sedang diperlukan lebih mudah ditemukan.

– Bantal Tiup

Bantal tiup adalah bantal praktis yang pemasangannya dengan cara meniupkan udara. Bantal ini mudah dibawa serta sangat berguna untuk melengkapi kebutuhan & kenyamanan tidur dimanapun dan kapanpun Anda berada.

– Masker

Masker berfungsi untuk mencegah masuknya mikroorganisme, debu, dan kotoran ke dalam tubuh, sehingga dapat meminimalisir penularan penyakit yang menyebar lewat udara, seperti flu dan batuk saat di tanah suci.

Demikianlah ringkasan persiapan dan daftar perlengkapan haji dan umroh dari kami. Semoga bermanfaat!

Jangan lupa kunjungi Toko atau Online Store Bursa Sajadah untuk mempersiapkan perlengkapan haji dan umroh Anda. Kami juga menyediakan perlengkapan haji lainnya seperti sepatu sandal, tali koper, busana muslim, dan sebagainya.

Leave a Comment