manfaat-madu

Manfaat Madu Untuk Ibu Hamil

Sebagian besar bahkan hampir semua dari kita telah mengetahui bahwa madu merupakan asupan yang penting dan bermanfaat dalam menjaga kesehatan tubuh kita, baik itu untuk orang dewasa, remaja, anak-anak, bahkan ibu hamil. Namun, ada beberapa orang yang bertanya-tanya “Apakah madu aman untuk ibu hamil?” Jawabannya adalah ya, madu yang dikenal dengan rasa manisnya yang lezat bagi sebagian besar orang ini ternyata diperbolehkan bahkan dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, dengan catatan madu tersebut adalah madu yang telah melalui proses pasteurisasi, yaitu seperti madu yang banyak kita jumpai di toko-toko yang telah dimatikan enzimnya sehingga tidak mengeluarkan buih maupun gas. Madu seperti ini menyimpan sejumlah manfaat baik bagi ibu hamil maupun janinnya. Berikut adalah manfaat madu untuk ibu hamil:

Madu, minuman yang dapat dijadikan sebagai sumber energi ini ternyata memiliki manfaat dalam mengurangi rasa mulas dan rasa panas di dada maupun tenggorokan yang dialami oleh sebagian besar ibu hamil. Hal ini disebabkan kelebihan asam lambung yang dimiliki ibu hamil. Untuk mengatasinya cukup konsumsi satu sendok madu sebelum tidur atau bisa juga campurkan satu sendok madu tersebut ke dalam susu akan membantu menetralisir berlebihnya asam lambung di dalam perut dan insya Allah akan meminimalisir atau bahkan mengatasi rasa mulas dan panas yang dialami ibu hamil.

Jika kita perhatikan, wanita yang sedang hamil umumnya mudah terkena serangan flu. Hal ini dikarenakan kehamilan membuat sistem kekebalan seorang wanita menurun dan membuat selaput lendirnya cenderung membengkak, hal tersebut akan membuatnya lebih rentan terhadap flu, batuk, maupun agak kesulitan atau sesak dalam bernapas. Dengan kandungan vitaminnya yang tinggi, terutama vitamin C, madu yang pas dicampurkan dengan teh ini dapat dijadikan solusi alami yang lebih tepat dalam mengobati penyakit-penyakit tersebut jika kita dibandingkan dengan mengonsumsi obat-obatan.

Madu pun memiliki manfaat lainnya, yaitu dapat meringankan atau mengatasi mual yang bahkan dapat menyebabkan muntah-muntah yang dialami oleh sedikitnya tujuh puluh persen ibu hamil. Istilah ini dikenal dengan morning sickness, yaitu gejala mual yang umumnya dirasakan oleh ibu hamil pada trimester pertama kehamilan. Lebih parahnya lagi, morning sickness ini dapat menyebabkan turunnya berat badan, malnutrisi, atau bahkan komplikasi kesehatan lainnya yang dapat mengganggu kesehatan ibu hamil dan janinnya. Ibu hamil yang mengalami masalah ini dapat mengobatinya dengan konsumsi madu dan akan lebih efektif jika madu tersebut dikombinasikan dengan jahe. Para produsen madu telah mengembangkan produk madunya dengan membuat “Jahe Madu”, misalnya.

Tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan sang ibu hamil, madu juga dipercaya memiliki manfaat yang bisa dirasakan oleh janin. Madu yang memiliki kandungan antibiotik alami ini mengandung zat galian yang berguna untuk menguatkan dan menjaga kesehatan janin. Lalu, madu yang dikonsumsi saat hamil dapat membantu mencegah penyakit kembung pada bayi yang akan dilahirkan. Ditambah lagi, salah satu sumber karbohidrat dan glukosa alami ini juga dapat menmbantu pencegahan penyakit hepatitis B bagi janin.

Dari uraian di atas, dapat kita ketahui bahwa madu yang telah melalui proses pasteurisasi sangatlah dibutuhkan sebagai konsumsi rutin ibu hamil. Tidak hanya bermanfaat dalam menjaga kesehatannya, madu juga memiliki manfaat lain dalam mengobati sakit dan gejala-gejala yang umum dirasakan oleh ibu hamil seperti mulas, panas dada/tenggorokan, mual, flu, batuk, sesak napas.  Ditambah lagi, manfaat madu ini bisa dirasakan oleh janin baik untuk menjaga kesehatannya maupun membantu pencegahan terhadap penyakit.

Leave a Comment