salabi

Kurma: Menu Buka Puasa dan Sahur Ideal

Melaksanakan ibadah puasa Ramadhan selama tiga puluh hari penuh merupakan salah satu hal yang senantiasa dirindukan oleh kaum muslimin di bulan suci ini. Namun demikian, menahan lapar pada waktu yang lama membuat nafsu makan kita bergejolak pada waktu berbuka puasa tiba, sehingga seringkali kita terpacu untuk menyantap makanan secara berlebihan yang belum tentu bergizi dan malah bisa berdampak menurunkan kondisi tubuh kita. Untuk mencegah terjadinya penurunan kondisi kesehatan kita, hendaknya kita lebih memperhatikan menu buka puasa dan sahur kita dikarenakan peranannya yang begitu penting agar kita tercegah dari penyakit dan gangguan seperti maag, kurang vitamin, juga sakit kepala.

Menu buka puasa dan sahur tidak selalu harus banyak ataupun mahal, pilihan makanan buka puasa dan sahur ideal adalah yang mampu menjaga dan memulihkan kondisi tubuh. Salah satu contoh makanan ideal yang mampu menjaga kesehatan dan sangat pas untuk dimasukan ke dalam awal menu buka puasa dan sahur adalah buah kurma, buah khas Timur Tengah yang memiliki rasa manis dan nikmat serta kaya nutrisi.

Saat berpuasa, berkurangnya zat gula yang menyebabkan penyempitan dada dan gangguan pada tulang serta berkurangnya air yang dapat melemahkan tubuh dapat diatasi oleh konsumsi buah kurma karena di dalamnya terkandung zat gula dan air. Di dalam kurma terkandung fruktosa dan glukosa yang mencapai hingga 70%. Fruktosa dan glukosa tersebut memiliki bentuk berupa monoglukosa yang tidak perlu dicerna lagi sehingga dapat langsung diserap oleh tubuh dan bisa kita rasakan secara langsung. Tidak hanya itu, sebagian orang yang melaksanakan ibadah puasa memiliki kemungkinan lebih besar untuk terkena gangguan pencernaan. Kandungan serat pada kurma dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan serta membantu mengatasi sembelit karena kandungan seratnya yang penting untuk meningkatkan kesehatan usus besar.

Tidak hanya sekedar bermanfaat bagi kesehatan, buah kurma juga merupakan makanan yang memiliki keberkahan yang besar serta disunnahkan untuk mengonsumsinya saat buka puasa dan sahur berdasarkan hadits dari Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam:

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يُفْطِرُ عَلَى رُطَبَاتٍ قَبْلَ أَنْ يُصَلِّىَ فَإِنْ لَمْ تَكُنْ رُطَبَاتٌ فَعَلَى تَمَرَاتٍ فَإِنْ لَمْ تَكُنْ حَسَا حَسَوَاتٍ مِنْ مَاءٍ

“biasanya Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam berbuka puasa dengan ruthab sebelum shalat (Maghrib). Jika tidak ada ruthab (kurma muda) maka dengan tamr (kurma matang), jika tidak ada tamr maka beliau meneguk beberapa teguk air” (HR. Abu Daud 2356, dishahihkan Al Albani dalam Shahih Sunan Abi Daud)

Dan dari Abu Hurairah radhiyallahu‘anhu, Rasulullah shallallahu‘alaihi wa sallam bersabda,

نِعْمَ سَحُورُ الْمُؤْمِنِ التَّمْرُ

“Sebaik-baik sahurnya orang mukmin adalah kurma.” (HR. Abu Daud 2345, Ibnu Hibban 3475. al-Albani dan Syuaib al-Arnauth berkata hadits ini shahih).

Dapat disimpulkan bahwa mengonsumsi buah kurma sebagai awal menu buka puasa dan sahur memiliki kebaikan yang tidak perlu diragukan lagi karena adanya tuntunan dari Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam berupa hadits shahih dan telah terbukti di dunia medis. Begitupun dengan air, mengonsumsinya saat awal buka puasa sangat dianjurkan karena dapat memperlancar pencernaan makanan yang akan dimakan setelahnya.

Selain buah kurma, dalam menyambut bulan suci Ramadhan, kami Bursa Sajadah juga menyediakan makanan dan minuman yang memiliki manfaat bagi kesehatan lainnya yang baik untuk dikonsumsi saat buka puasa dan sahur seperti air zam-zam, madu, sari kurma, dan kacang-kacangan yang tersedia dengan berbagai macam pilihan.

Leave a Comment