3-manfaat-almond

3 Manfaat Kacang Almond yang Jarang Diketahui

Siapa yang tidak mengenal kacang almond? Almond, yang sejatinya merupakan nama pohon yang biji buahnya juga dianggap sebagai kacang, adalah salah satu jenis santapan terpopuler asli Timur Tengah & Asia Selatan yang banyak diminati karena rasanya yang lezat dan juga crunchy. Kacang yang dapat dimakan langsung ini seringkali kita jumpai untuk dijadikan pelengkap sekaligus penambah kenikmatan pada cookies, coklat, salad, madu, kurma, atau kreasi hidangan lainnya. Tidak hanya terkenal karena kelezatannya, ternyata kacang ini juga menyimpan sejumlah nutrisi yang baik untuk memelihara & meningkatkan kesehatan tubuh kita. Berikut beberapa manfaat kacang almond bagi kesehatan.

  1. Meningkatkan Kesehatan Penderita Diabetes & Hipertensi

Kacang-kacangan seperti almond secara umum mengandung karbohidrat rendah, namun memiliki kandungan lemak sehat, protein, & serat yang tinggi. Disamping itu, ada nutrisi almond yang hanya sedikit ditemukan pada kacang-kacangan lainnya, yaitu kandungan magnesiumnya yang tinggi. Magnesium merupakan mineral yang terlibat dalam tiga ratus lebih proses dalam tubuh, termasuk kontrol gula darah. Hal ini selain menjadikan kacang almond pilihan sempurna bagi para penderita diabetes, juga membuatnya baik bagi non penderita diabetes karena bisa mengurangi resistensi terhadap insulin secara signifikan.

Terlebih lagi, kacang almond juga bermanfaat bagi orang yang memiliki masalah dengan tekanan darah tinggi (hipertensi). Hipertensi merupakan faktor utama pemicu penyakit jantung, stroke, dan gagal ginjal. Terjadinya hipertensi berkaitan erat dengan rendahnya nilai magnesium yang terdapat dalam tubuh. Kandungan magnesium tinggi yang terdapat di dalam kacang almond akan memberikan pengaruh besar dalam mengatur level tekanan darah.

Perlu digaris bawahi, kandungan magnesium tinggi pada almond dapat membantu pencegahan terhadap sindrom metabolisme dan penyakit diabetes tipe 2, dimana keduanya merupakan masalah kesehatan yang banyak menjangkit.

  1. Kacang Almond Mengenyangkan & Efektif dalam Menurunkan Berat Badan

Overweight atau kelebihan berat badan selain berpotensi mengundang berbagai penyakit juga sering dikeluhkan karena menurunkan rasa percaya diri. Tingginya kandungan protein dan serat pada kacang almond membuat seseorang cepat merasa kenyang, sehingga dapat mengurangi ketertarikan untuk memakan makanan yang tinggi kalori.

Hal ini didukung oleh penelitian yang dilakukan terhadap 100 orang wanita dengan kondisi kegemukan. Penelitian tersbut mencatat bahwa mereka yang mengonsumsi kacang almond memiliki tanda-tanda kesehatan, mengalami penyusutan lingkar pinggang, dan penurunan berat badan dengan jumlah lebih banyak dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi kacang-kacangan.

  1. Kacang Almond Membantu Mencegah Penyakit Jantung

Jumlah LDL (kolesterol jahat) yang tinggi dalam darah menyebabkan seseorang beresiko terkena penyakit jantung. Kenaikan kadar LDL dipengaruhi oleh konsumsi makanan yang tidak teratur. Mengonsumsi kacang almond yang kaya akan vitamin E secara rutin ini tidak hanya dapat menurunkan LDL secara efektif, namun juga mampu memelihara HDL atau kolesterol yang diperlukan tubuh.

Disamping mengatur jumlah kolesterol dalam darah, kacang almond juga mampu menurunkan jumlah proses oksidasi LDL. Proses oksidasi LDL sangat berbahaya karena merupakan penyebab berkembangnya penyakit jantung. Kandungan antioksidan polifenol yang tinggi pada kulit almond memiliki peran penting yang dapat menekan jumlah proses tersebut.

Dari paparan di atas dapat disimpulkan bahwa manfaat kacang almond yang paling penting bagi kesehatan antara lain meningkatkan kesehatan terutama bagi penderita diabetes, menurunkan tingkat tekanan darah, membantu diet penurunan berat badan, dan menurunkan resiko terkena penyakit jantung.

Manfaat kacang almond yang baik untuk konsumsi harian & dijadikan oleh-oleh haji dan umroh istimewa kini bisa Anda dapatkan di Toko / Online Store Bursa Sajadah, di antaranya yaitu: coklat batang almond, shelled almond, & butter almond (toasted).

Leave a Comment